jump to navigation

Kuasa UN Juni 16, 2009

Posted by cafestudi061 in Artikel Remaja.
trackback

UN bukan singkatan dari United Nation, tapi UN merupakan singkatan dari Ujian Nasional, dimana kemarin hasil UN untuk tingkat SMA sudah keluar. Ada banyak yang bersorak riang, tapi banyak yang meraung-raung bahkan sampai jatuh pingsang.
Sungguh dahsyat kuasamu UN (Ujian Nasional), sekolah dan para guru yang sudah bertungkus lumus tiga tahun mendidik, mengajar anak didik mereka yang adalah siswa SMA ternyata hanya dapat menonton dan gigit jari doang. Adakah pengujian yang dilakukan selama 3 hari atau 4 hari dapat mengabaikan dan mengalfakan semua usaha guru bagi keberhasilan mereka untuk masuk ke dunia pendidikan yang lebih tinggi??? UN memang dapat membuat hancur masa depan sebuah sekolah terutama siswa yang tidak lulus UN. Dan UN juga dapat meluluh lantakkan semua usaha para pendidik yang notabene dikenal guru yang merupakan ujung tombak sekolah tak berkutik sedikitpun karena anak-anak didiknya atau siswa mereka gagal alias tidak lulus UJIAN NASIONAL.
Ini dapat saya artikan bahwa kekuasaan UN lebih besar dari kuasa Tuhan. Dahsyat,….sangat dahsyat sekali. Apakah para pendidik tidak dapat menggugat Menteri DIKNAS. Ada banyak sekolah yang harus ditutup karena seluruh siswa yang mengikuti UN tidak LULUS. Tak seorangpun yang LULUS, hebat sekali tuh Ujian Nasional. Eeeh, benar-benar hebat kuasa UN ini, siapa yang mau diam terimalah hasil apa adanya. Tetapi siapa yang mau bergerak dan bertindak menentang penyelenggarakan UN??? Siap-siaplah siapa yang harus dihadapinya!!!
Mari, kita tanyakan sudah fairkah penyelenggaraan UN, Sudah benarkah pengawas dalam melakukan tanggungjawabnya pada setiap siswa yang menghadapi UN ini ??? Apakah benar data yang dikirim ke Badan Standar Ujian Nasional itu valid??? Atau tidakkah perlu dilakukan pembanding hasil itu dengan hasil rapor siswa dengan rapor semester sebelumnya???
Ini sungguh suatu ironi dalam dunia pendidikan kita. Sekian besar dana yang dialokasikan untuk menyelenggarakan Ujian Nasional, tetapi hasilnya penuh dengan rekayasa belaka.
Siapa yang berkuasa untuk menentukan masa depan para siswa SMA dia adalah UN. Karena UN menentukan hitam putih masa depan para siswa kelas XII atau kelas 3 SMA dan kelas IX atau kelas 3 SMP untuk dapat meneruskan masa depan yang lebih tinggi dalam jalur pendidikan formal. Apakah dengan lulus UN hidup siswa SMP dan SMA ini akan cerah???
Berhasil atau tidaknya seseorang memang perlu jalur pendidikan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, tetapi tidak selalu orang itu hanya dapat berhasil jika mereka telah Lulus dari SMA.
Silahkan raihlah masa depan anda dengan penuh rasa tanggungjawab yang tinggi bahwa bangsa ini sangat membutuhkan semangat juang anda agar kita tidak diremehkan oleh bangsa lain. Selamat dan sukses bagi anda yang telah Lulus UN, tetapi yang belum lulus tempuhlah jalur paket C yang telah disediakan untuk anda.
Semoga sukses.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: