jump to navigation

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN Februari 1, 2009

Posted by cafestudi061 in RPP Bahasa Inggris SMP Kelas VIII.
trackback

Nama sekolah : SMP………………….
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII / I

Standar Kompetensi : 1. Medengar
Merespon makna dalam percakapan trnsaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
2. Berbicara
Mengungkapkan makna percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar

Kompetensi Dasar: 1.2 Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar melibatkan tindak tutur : Mengundang, menerima dan menolak ajakan, memuji dan memberi selamat
2.2. Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat lancer dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkunga linkungan sekitar dalam teks recount sederhana

3.2 Mengungkapkan makna yang terdapat dalam percakapan transaksional to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar melibatkan tindak tutur : Mengundang, menerima dan menolak ajakan, memuji dan memberi selamat.

Indikator : Merespon dan mengungkapkan Ungkapan-ungkapan :
• Mengundang, menerima dan menolak ajakan.
• Memuji
• Memberi selamat

Jenis teks : Transaksional dan Interpersonal

Aspek skill : 1. Mendengarkan
: 3. Berbicara

Alokasi waktu : 8 x 40 menit

Tujuan pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
a. Merespon ungkapan mengundang, menerima dan menolak ajakan
b. Merespon ungkapan pujian
c. Merespon ungkapan selamat

Materi pembelajaran :
a. Materi percakapan transaksional dan intrpersonal lisan yang memuat ungkapan-ungkapan berikut :
1. A: Would you like to come to my house?
B: Yes, I would be very happy to…
Thank you, but I ……
2. A: You look so beautiful Nany, Happy birthday. I wish you all the best
B: Thank you, I’m glad you come
3. A: Hi Dimas. You look great today.
B : Oh thank you. I just want to look different

d. Kosa kata terkait teks : Tema : Plants and Animals
e. Language usage : Past Perfect Tense

Metode / technique : Three-phase technique

Langkah-langkah kegiatan :
Pertemuan 1.
Kegiatan pendahuluan
a. Tanya jawab berbagai hal terkait dengan keadaan siswa
b. Membahas kata-kata sulit& ungkapan yang digunakan dalam text
Kegiatan inti
a. Medengarkan teks percakapan dan atau siswa mendengar guru membaca teks percakapan transaksional dan interpersonal
b. Mendengar kembali text dibaca selagi melengkapi text transaksional dan interpersonal yang rumpang.
c. Meniru / mengulang text percakapan dengan intonasi dan pengucapan yang benar
d. Menjawab pertanyaan yang dibacakan oleh guru
e. Menentukan makna dan fungsi ungkapan yang didengar
f. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
g. Memberi respon lisan dan tertulis terhadap ungkapan yang didengar.
Kegiatan Penutup
a. Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami ungkapan-ungkapan dalam percakapan transaksionl dan interpersonal
b. Menyimpulkan materi

Pertemuan 2
Kegiatan pendahuluan
a. Mereview ulang ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari sebelumnya
b. Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan
Kegiatan inti
a. Membaca percakapan transaksional dan interpersonal yang ada secara berpasangan
b. Mencari / menemukan ungkapan-ungkapan lain yang sejenis
c. Memperagakan dialog secara berpasangan didepan kelas
Kegiatan penutup
a. Membuat dialog secara berpasangan sesuai situasi yang diberikan, menggunakan ungkapan yang telah dipelajari.
b. Menanyakan kesulitan siswa
c. Menyimpulkan materi
d. Menugaskan siswa melanjutkan pekerjaan yang belum selesai dan menghafal percakapan yang telah dibuat dirumah

Pertemuan 3.
Kegiatan pendahuluan
a. Meriview ulang ungkapan ungkapan yang telah dipelajari
Kegiatan inti
a. Menampilkan percakapan yang telah dibuat didepan kelas secara berpasangan atau pun bekelompok
Kegiatan penutup
a. Memberi pendapat secara umum terhadap penampilan dan pendapat siswa
b. Memberi motivasi agar siswa dapat menggunakan ungkapan yang telah dipelajari dalm kehidupan sehari-hari.

Sumber belajar
a. Buku teks yang relevan : Contextual English,Grafindo, halaman 31 – 40
b. Script percakapan dan atau rekaman percakapan yang terlampir.
c. Gambar-gambar yang relevan

Penilaian
a. Teknik penilaian : Tes lisan dan Unjuk kerja
b. Bentuk : Lisan
c.Instrumen : terlampir

Pedoman Penilaian
1. Untuk no. I, tiap jawaban yang benar skor 3
2. Untuk no. II, tiap jawaban yang benar skor 2
3. Jumlah skor maksimal I. 5 X 3 = 15
II 5 X 2 = 10
____________
Jumlah 25
4. Nilai maksimal : 10
5. Nilai siswa = Skor perolehan
Skor maksimal

Rubrik penilaian

No Uraian Skor
I Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab 3
2
1
0
II Setiap jawaban benar
Setiap jawaban salah / tidak menjawab 2
0

Mengetahui. Duri,…………………2008
Kepala SMP………………… Guru Mata pelajaran

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: