jump to navigation

4 Strategi Singkat Membuat Produk Informasi yang Menjual Januari 20, 2009

Posted by cafestudi061 in Artikel.
trackback

By Joko Susilo |
Setiap orang saya percaya bisa menulis. Menulis dengan sangat baik bahkan. Tapi kalau menulis yang menjual dan terus dicari orang, mungkin tak banyak yang bisa melakukannya.
Kini strateginya akan saya bagikan untuk anda semua. Anda penasaran? Ya, sebaiknya iya. Tapi pesan saya, setelah anda pelajari, tolong langsung ACTION. Agar ilmu yang anda serap bisa bermanfaat.
Ok. Langsung saja. Bagaimana membuat produk informasi yang menjual? Dan apa rahasianya?
Rahasianya adalah memiliki kemampuan menulis sama baiknya dengan keahlian marketing. Bukan zamannya lagi kalau seorang penulis hanya mampu menulis saja. Tapi juga dituntut untuk dapat memasarkan hasil karyanya, tanpa selalu hanya tergantung bagian pemasaran.
Banyak kasus membuktikan justru pemasaran yang baik mampu mendongkrak produk yang biasa saja. Sebaliknya, produk yang bagus tapi tanpa ditunjang pemasaran yang hebat, penjualannya menjadi tak terdongkrak. Idealnya memang kedua hal tadi sama baiknya agar bisa saling mengisi. Dan yang lebih penting lagi, tak membuat pembeli kecewa.
Nah, kini yang kita bahas adalah strategi singkat membuat produk informasi yang menjual. Sejak awal kegiatan marketing justru diawali oleh si penulis sendiri. Berikut ini tipsnya:
1. Topiknya menjual. Artinya topiknya memang dibutuhkan orang banyak. Tidak cuma beberapa orang saja yang membutuhkannya. Sebaiknya juga topiknya membahas aspek primer dari hidup manusia dan yang terus dibutuhkan sepanjang hidup manusia. Misalnya tentang keuangan, kesejahteraan, cara mencari uang, cara mencari kerja, dst. So, selalu tanyakan setiap anda berniat membuat produk informasi, apakah topik ini dibutuhkan banyak orang dan sepanjang zaman?
2. Pelajari yang anda suka dan tuliskan pengalaman anda itu. Setelah anda tetapkan topiknya, terus coba cari apa kira-kira yang menarik minat anda. Lalu anda hanya perlu belajar tentang hal yang anda sukai itu. Cukup luangkan waktu 2-3 jam sehari untuk mempelajari bidang yang menarik minat anda itu. Sambil belajar anda praktekkan ilmu yang anda miliki. Dan setelahnya anda bisa tuliskan ilmu yang telah anda pelajari dan praktekkan itu.
3. Kuasai copywriting. Sebagai penulis produk informasi, anda harus kuasai copywriting. Baik untuk menulis sales letter maupun dalam berpromosi. anda bisa meningkatkan kemampaun anda dengan membaca buku tentang copywriting. Tapi cara yang terbaik menurut saya adalah dengan belajar dari membaca sales letter. Coba anda kunjungi http://www.FormulaBisnis.com dan baca baik-baik sales letternya. Hal yang sama bisa anda lakukan setiap masuk ke website penjualan. Baca baik-baik dan terapkan dalam sales letter anda.
4. Bangun personal brand anda. Memiliki brand yang kokoh perlu anda bangun sejak awal. Agar ketika anda telah meluncurkan produk informasi anda, anda telah dikenal sebagai seseorang yang kredibel. Membentuk personal brand bisa menggunakan blog. Tentang personal branding ini juga sudah pernah dibahas oleh Mas Arief dan Mas Zams.
Keempat strategi ini bisa dikuasai seiring proses yang anda tempuh. Dan yakinlah, menulis dan menjual itu bukan hal sulit. Kalau keyakinan ini sejak awal tertanam dalam diri anda, anda akan melakukannya dengan enjoy.
Bagaimana? Anda sudah siap membuat produk informasi yang menjual?

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: