jump to navigation

RPP TTG-Elektronika SMP Kelas VIII September 13, 2008

Posted by cafestudi061 in RPP.
trackback

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Sekolah                                   : SMPS 10 CENDANA MANDAU

Kelas/semester                        : VIII ( delapan )/ I ( satu )

Mata Pelajaran                        : Teknologi Tepat Guna (TTG)

Alokasi Waktu                        : 8 x 40 menit

Standar Kompetensi               : Membuat Rangkaian Sederhana

Kompetensi Dasar                   : Membuat Rangkaian Flip Flop

Indikator                                 :

1.      Mendeskripsikan skema rangkaian Flip Flop

2.      Menguraikan komponen yang dipakai serta jarak kakinya

3.      Membuat tata letak komponen dan desain konstruksi pada kertas milimeter blok

4.      Melukis desain konstruksi pada papan PCB

5.      Memasak dan membor papan PCB, memasang komponen dan menyolder kakinya

 

1.Tujuan Pembelajaran :

Pada akhir pelajaran siswa dapat :  

a.   Menjelaskan skema rangkaian Flip Flop

b.   Menguraikan komponen yang dipakai

c.   Membuat TTL dan DK Flip Flop pada kertas milimeter blok

d.   Melukis DK pada papan PCB dan memberinya spidol permanen

e.   Memasak, membor PCB, memasang komponen dan menyoldernya

 

2.Materi Ajar :

Rangkaian Flip Flop :

a.       Skema rangkaian Flip Flop

b.      Komponen yang dibutuhkan

c.       Membuat TTL dan DK Flip Flop pada kertas milimeter blok

d.      Melukis DK pada papan PCB dan menspidolnya

e.       Cara memasak, membor, memasang komponen dan menyolder kaki komponen

 

3.Metode Pembelajaran :    

 Pendekatan model CTL dan Life skill

 

4.Langkah-langkah  Pembelajaran :

a.       Kegiatan Pendahuluan

Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan

 

b.      Kegiatan Inti

Pertemuan pertama

·    Menjelaskan skema rangkaian Flip Flop

·    Menjelaskan komponen yang dibutuhkan

 

Pertemuan kedua

·    Membuat TTL dan DK pada kertas milimeter blok

 

Pertemuan ketiga

·    Melukis DK pada papan PCB dan memberinya spidol permanen

 

Pertemuan keempat

·         Memasak papan PCB dengan larutan ferry chlorida

·         Membor papan tempat kaki komponen

·         Memasang komponen dan menyolder kakinya dengan menggunakan timah

 

c.       Kegiatan Akhir

·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM

·         Mengevaluasi keberhasilan praktek siswa

 

5.Alat / Sumber belajar  :

Skema rangkaian Flip Flop, papan PCB, komponen yang dibutuhkan, spidol permanen, larutan ferry chlorida, kabel, batere 9 V, timah, solder, balsem solder, tang potong dan mini drill

   

6.Penilaian :

a.       Teknik                            : Tes tulisan dan praktek

b.      Bentuk Instrumen          : Praktek

c.       Contoh Instrumen :

Menguji keberhasilan praktek siswa pada papan PCB

 

 

 

 

 

                                                                                   Duri, Agustus 2007

   Mengetahui Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

                       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Sekolah                                   : SMPS 10 CENDANA MANDAU

Kelas/semester                        : VIII ( delapan )/ I ( satu )

Mata Pelajaran                        : Teknologi Tepat Guna (TTG)

Alokasi Waktu                        : 8 x 40 menit

Standar Kompetensi               : Membuat Rangkaian Sederhana

Kompetensi Dasar                   : Membuat Rangkaian Sirine Kebakaran

Indikator                                 :

1.      Mendeskripsikan skema rangkaian Sirine Kebakaran

2.      Menguraikan komponen yang dipakai serta jarak kakinya

3.      Membuat tata letak komponen dan desain konstruksi pada kertas milimeter blok

4.      Melukis desain konstruksi pada papan PCB

5.      Memasak dan membor papan PCB, memasang komponen dan menyolder kakinya

 

1.Tujuan Pembelajaran :

Pada akhir pelajaran siswa dapat :  

a.   Menjelaskan skema rangkaian Sirine Kebakaran

b.   Menguraikan komponen yang dipakai

c.   Membuat TTL dan DK Sirine Kebakaran pada kertas milimeter blok

d.   Melukis DK pada papan PCB dan memberinya spidol permanen

e.   Memasak, membor PCB, memasang komponen dan menyoldernya

 

2.Materi Ajar :

Rangkaian Sirine Kebakaran :

a.       Skema rangkaian Sirine Kebakaran

b.      Komponen yang dibutuhkan

c.       Membuat TTL dan DK Sirine Kebakaran pada kertas milimeter blok

d.      Melukis DK pada papan PCB dan menspidolnya

e.       Cara memasak, membor, memasang komponen dan menyolder kaki komponen

 

3.Metode Pembelajaran :    

 Pendekatan model CTL dan Life skill

 

4.Langkah-langkah  Pembelajaran :

a.       Kegiatan Pendahuluan

Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan

 

b.      Kegiatan Inti

Pertemuan pertama

·    Menjelaskan skema rangkaian Sirine Kebakaran

·    Menjelaskan komponen yang dibutuhkan

 

Pertemuan kedua

·    Membuat TTL dan DK pada kertas milimeter blok

 

Pertemuan ketiga

·    Melukis DK pada papan PCB dan memberinya spidol permanen

 

Pertemuan keempat

·         Memasak papan PCB dengan larutan ferry chlorida

·         Membor papan tempat kaki komponen

·         Memasang komponen dan menyolder kakinya dengan menggunakan timah

 

c.       Kegiatan Akhir

·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM

·         Mengevaluasi keberhasilan praktek siswa

 

5.Alat / Sumber belajar  :

Skema rangkaian Sirine Kebakaran, papan PCB, komponen yang dibutuhkan, spidol permanen, larutan ferry chlorida, kabel, batere 9 V, timah, solder, balsem solder, tang potong dan mini drill

   

6.Penilaian :

a.       Teknik                            : Tes tulisan dan praktek

b.      Bentuk Instrumen          : Praktek

c.       Contoh Instrumen :

Menguji keberhasilan praktek siswa pada papan PCB

 

 

 

 

 

                                                                                   Duri, Agustus 2007

   Mengetahui Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

                       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Sekolah                                   : SMPS 10 CENDANA MANDAU

Kelas/semester                        : VIII ( delapan )/ I ( satu )

Mata Pelajaran                        : Teknologi Tepat Guna (TTG)

Alokasi Waktu                        : 8 x 40 menit

Standar Kompetensi               : Membuat Rangkaian Sederhana

Kompetensi Dasar                   : Membuat Rangkaian Bel Dua Nada

Indikator                                 :

1.      Mendeskripsikan skema rangkaian Bel Dua Nada

2.      Menguraikan komponen yang dipakai serta jarak kakinya

3.      Membuat tata letak komponen dan desain konstruksi pada kertas milimeter blok

4.      Melukis desain konstruksi pada papan PCB

5.      Memasak dan membor papan PCB, memasang komponen dan menyolder kakinya

 

1.Tujuan Pembelajaran :

Pada akhir pelajaran siswa dapat :  

a.   Menjelaskan skema rangkaian Bel Dua Nada

b.   Menguraikan komponen yang dipakai

c.   Membuat TTL dan DK Bel Dua Nada pada kertas milimeter blok

d.   Melukis DK pada papan PCB dan memberinya spidol permanen

e.   Memasak, membor PCB, memasang komponen dan menyoldernya

 

2.Materi Ajar :

Rangkaian Bel Dua Nada :

a.       Skema rangkaian Bel Dua Nada

b.      Komponen yang dibutuhkan

c.       Membuat TTL dan DK Bel Dua Nada pada kertas milimeter blok

d.      Melukis DK pada papan PCB dan menspidolnya

e.       Cara memasak, membor, memasang komponen dan menyolder kaki komponen

 

3.Metode Pembelajaran :    

 Pendekatan model CTL dan Life skill

 

4.Langkah-langkah  Pembelajaran :

a.      Kegiatan Pendahuluan

Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan

 

b.      Kegiatan Inti

Pertemuan pertama

·    Menjelaskan skema rangkaian Bel Dua Nada

·    Menjelaskan komponen yang dibutuhkan

 

Pertemuan kedua

·    Membuat TTL dan DK pada kertas milimeter blok

 

Pertemuan ketiga

·    Melukis DK pada papan PCB dan memberinya spidol permanen

 

Pertemuan keempat

·         Memasak papan PCB dengan larutan ferry chlorida

·         Membor papan tempat kaki komponen

·         Memasang komponen dan menyolder kakinya dengan menggunakan timah

 

c.       Kegiatan Akhir

·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM

·         Mengevaluasi keberhasilan praktek siswa

 

5.Alat / Sumber belajar  :

Skema rangkaian Bel Dua Nada, papan PCB, komponen yang dibutuhkan, spidol permanen, larutan ferry chlorida, kabel, batere 9 V, timah, solder, balsem solder, tang potong dan mini drill

   

6.Penilaian :

a.       Teknik                            : Tes tulisan dan praktek

b.      Bentuk Instrumen          : Praktek

c.       Contoh Instrumen :

Menguji keberhasilan praktek siswa pada papan PCB

 

 

 

 

 

                                                                                   Duri, Agustus 2007

   Mengetahui Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

                       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Sekolah                                   : SMPS 10 CENDANA MANDAU

Kelas/semester                        : VIII ( delapan )/ I ( satu )

Mata Pelajaran                        : Teknologi Tepat Guna (TTG)

Alokasi Waktu                        : 8 x 40 menit

Standar Kompetensi               : Membuat Rangkaian Sederhana

Kompetensi Dasar                   : Membuat Rangkaian Sirine Polisi Inggris

Indikator                                 :

1.      Mendeskripsikan skema rangkaian Sirine Polisi Inggris

2.      Menguraikan komponen yang dipakai serta jarak kakinya

3.      Membuat tata letak komponen dan desain konstruksi pada kertas milimeter blok

4.      Melukis desain konstruksi pada papan PCB

5.      Memasak dan membor papan PCB, memasang komponen dan menyolder kakinya

 

1.Tujuan Pembelajaran :

Pada akhir pelajaran siswa dapat :  

a.   Menjelaskan skema rangkaian Sirine Polisi Inggris

b.   Menguraikan komponen yang dipakai

c.   Membuat TTL dan DK Sirine Polisi Inggris pada kertas milimeter blok

d.   Melukis DK pada papan PCB dan memberinya spidol permanen

e.   Memasak, membor PCB, memasang komponen dan menyoldernya

 

2.Materi Ajar :

Rangkaian Sirine Polisi Inggris :

a.       Skema rangkaian Sirine Polisi Inggris

b.      Komponen yang dibutuhkan

c.       Membuat TTL dan DK Sirine Polisi Inggris pada kertas milimeter blok

d.      Melukis DK pada papan PCB dan menspidolnya

e.       Cara memasak, membor, memasang komponen dan menyolder kaki komponen

 

3.Metode Pembelajaran :    

 Pendekatan model CTL dan Life skill

 

4.Langkah-langkah  Pembelajaran :

a.       Kegiatan Pendahuluan

Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan

 

b.   Kegiatan Inti

Pertemuan pertama

·    Menjelaskan skema rangkaian Sirine Polisi Inggris

·    Menjelaskan komponen yang dibutuhkan

 

Pertemuan kedua

·    Membuat TTL dan DK pada kertas milimeter blok

 

Pertemuan ketiga

·    Melukis DK pada papan PCB dan memberinya spidol permanen

 

Pertemuan keempat

·         Memasak papan PCB dengan larutan ferry chlorida

·         Membor papan tempat kaki komponen

·         Memasang komponen dan menyolder kakinya dengan menggunakan timah

 

c.    Kegiatan Akhir

·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM

·         Mengevaluasi keberhasilan praktek siswa

 

5.Alat / Sumber belajar  :

Skema rangkaian Sirine Polisi Inggris, papan PCB, komponen yang dibutuhkan, spidol permanen, larutan ferry chlorida, kabel, batere 9 V, timah, solder, balsem solder, tang potong dan mini drill

   

6.Penilaian :

a.       Teknik                            : Tes tulisan dan praktek

b.      Bentuk Instrumen          : Praktek

c.       Contoh Instrumen :

Menguji keberhasilan praktek siswa pada papan PCB

 

 

 

 

 

                                                                                   Duri, Agustus 2007

   Mengetahui Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: