jump to navigation

RPP – TTG Elektronika SMP Kelas VIII Semester 2 September 13, 2008

Posted by cafestudi061 in RPP.
trackback

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Sekolah                                   : SMPS 10 CENDANA MANDAU

Kelas/semester                        : VIII ( delapan )/ II ( dua )

Mata Pelajaran                        : Teknologi Tepat Guna (TTG)

Alokasi Waktu                        : 8 x 40 menit

Standar Kompetensi               : Instalasi Listrik Sederhana

Kompetensi Dasar                   : Instalasi Satu Lampu Satu Saklar

Indikator                                 :

1.      Mendeskripsikan Instalasi Satu Lampu Satu Saklar

2.      Menguraikan alat dan bahan yang dibutuhkan

3.      Membuat skema satu lampu satu saklar serta jumlah kabelnya

4.      Merancang konstruksi pada papan praktek

5.      Memasang bahan pada papan praktek seperti skema

 

1.Tujuan Pembelajaran :

Pada akhir pelajaran siswa dapat :  

a.   Menjelaskan Instalasi Satu Lampu Satu Saklar

b.   Menguraikan alat dan bahan yang dibutuhkan

c.   Membuat skema satu lampu satu saklar serta jumlah kabelnya

d.   Merancang konstruksinya

e.   Memasang bahan pada papan praktek sesuai skema

 

2.Materi Ajar :

Instalasi Satu Lampu Satu Saklar :

a.       Instalasi Satu Lampu Satu Saklar

b.      Alat dan Bahan yang dibutuhkan

c.       Membuat skema satu lampu satu saklar

d.      Merancang konstruksi

e.       Memasang bahan pada papan praktek sesuai skema

 

3.Metode Pembelajaran :    

 Pendekatan model CTL dan Life skill

 

4.Langkah-langkah  Pembelajaran :

a.       Kegiatan Pendahuluan

Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan

 

b.      Kegiatan Inti

Pertemuan pertama

·    Menjelaskan Instalasi Satu Lampu Satu Saklar

·    Menjelaskan alat dan bahan yang dibutuhkan

 

Pertemuan kedua

·    Membuat skema satu lampu satu saklar

·         Merancang konstruksinya

 

Pertemuan ketiga dan keempat

·    Memasang bahan pada papan praktek sesuai skema

 

c.       Kegiatan Akhir

·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM

·         Mengevaluasi keberhasilan praktek siswa

 

5.Alat / Sumber belajar  :

Instalasi Satu Lampu Satu Saklar, Tang, Obeng, Palu, Pipa paralon, Klem, Elbo, Pipa T, Kabel NGA, Fitting, Roset, Saklar, Bohlam dan Steker

   

6.Penilaian :

a.       Teknik                            : Tes tulisan dan praktek

b.      Bentuk Instrumen          : Praktek

c.       Contoh Instrumen :

Menguji keberhasilan praktek siswa pada papan praktek

 

 

 

 

 

                                                                                   Duri, Agustus 2007

   Mengetahui Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

                       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Sekolah                                   : SMPS 10 CENDANA MANDAU

Kelas/semester                        : VIII ( delapan )/ II ( dua )

Mata Pelajaran                        : Teknologi Tepat Guna (TTG)

Alokasi Waktu                        : 8 x 40 menit

Standar Kompetensi               : Instalasi Listrik Sederhana

Kompetensi Dasar                   : Instalasi Dua Lampu Satu Saklar

Indikator                                 :

1.      Mendeskripsikan Instalasi Dua Lampu Satu Saklar

2.      Menguraikan alat dan bahan yang dibutuhkan

3.      Membuat skema dua lampu satu saklar serta jumlah kabelnya

4.      Merancang konstruksi pada papan praktek

5.      Memasang bahan pada papan praktek seperti skema

 

1.Tujuan Pembelajaran :

Pada akhir pelajaran siswa dapat :  

a.   Menjelaskan Instalasi Dua Lampu Satu Saklar

b.   Menguraikan alat dan bahan yang dibutuhkan

c.   Membuat skema dua lampu satu saklar serta jumlah kabelnya

d.   Merancang konstruksinya

e.   Memasang bahan pada papan praktek sesuai skema

 

2.Materi Ajar :

Instalasi Dua Lampu Satu Saklar :

a.       Instalasi Dua Lampu Satu Saklar

b.      Alat dan Bahan yang dibutuhkan

c.       Membuat skema dua lampu satu saklar

d.      Merancang konstruksi

e.       Memasang bahan pada papan praktek sesuai skema

 

3.Metode Pembelajaran :    

 Pendekatan model CTL dan Life skill

 

4.Langkah-langkah  Pembelajaran :

a.   Kegiatan Pendahuluan

Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan

 

b.   Kegiatan Inti

Pertemuan pertama

·    Menjelaskan Instalasi Dua Lampu Satu Saklar

·    Menjelaskan alat dan bahan yang dibutuhkan

 

Pertemuan kedua

·    Membuat skema dua lampu satu saklar

·         Merancang konstruksinya

 

Pertemuan ketiga dan keempat

·    Memasang bahan pada papan praktek sesuai skema

 

Kegiatan Akhir

·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM

·         Mengevaluasi keberhasilan praktek siswa

 

5.Alat / Sumber belajar  :

Instalasi Dua Lampu Satu Saklar, Tang, Obeng, Palu, Pipa paralon, Klem, Elbo, Pipa T, Kabel NGA, Fitting, Roset, Saklar, Bohlam dan Steker

   

6.Penilaian :

a.       Teknik                            : Tes tulisan dan praktek

b.      Bentuk Instrumen          : Praktek

c.       Contoh Instrumen :

Menguji keberhasilan praktek siswa pada papan praktek

 

 

 

 

 

                                                                                   Duri, Agustus 2007

   Mengetahui Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

                       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Sekolah                                   : SMPS 10 CENDANA MANDAU

Kelas/semester                        : VIII ( delapan )/ II ( dua )

Mata Pelajaran                        : Teknologi Tepat Guna (TTG)

Alokasi Waktu                        : 8 x 40 menit

Standar Kompetensi               : Instalasi Listrik Sederhana

Kompetensi Dasar                   : Instalasi Dua Lampu Saklar Ganda

Indikator                                 :

1.      Mendeskripsikan Instalasi Dua Lampu Saklar Ganda

2.      Menguraikan alat dan bahan yang dibutuhkan

3.      Membuat skema dua lampu saklar ganda serta jumlah kabelnya

4.      Merancang konstruksi pada papan praktek

5.      Memasang bahan pada papan praktek seperti skema

 

1.Tujuan Pembelajaran :

Pada akhir pelajaran siswa dapat :  

a.   Menjelaskan Instalasi Dua Lampu Saklar Ganda

b.   Menguraikan alat dan bahan yang dibutuhkan

c.   Membuat skema dua lampu saklar ganda serta jumlah kabelnya

d.   Merancang konstruksinya

e.   Memasang bahan pada papan praktek sesuai skema

 

2.Materi Ajar :

Instalasi Dua Lampu Saklar Ganda:

a.       Instalasi Dua Lampu Saklar Ganda

b.      Alat dan Bahan yang dibutuhkan

c.       Membuat skema dua lampu saklar ganda

d.      Merancang konstruksi

e.       Memasang bahan pada papan praktek sesuai skema

 

3.Metode Pembelajaran :    

 Pendekatan model CTL dan Life skill

 

4.Langkah-langkah  Pembelajaran :

a.   Kegiatan Pendahuluan

Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan

 

b.   Kegiatan Inti

Pertemuan pertama

·    Menjelaskan Instalasi Dua Lampu Saklar Ganda

·    Menjelaskan alat dan bahan yang dibutuhkan

 

Pertemuan kedua

·    Membuat skema dua lampu saklar ganda

·         Merancang konstruksinya

 

Pertemuan ketiga dan keempat

·    Memasang bahan pada papan praktek sesuai skema

 

c.   Kegiatan Akhir

·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM

·         Mengevaluasi keberhasilan praktek siswa

 

5.Alat / Sumber belajar  :

Instalasi Dua Lampu Saklar Ganda, Tang, Obeng, Palu, Pipa paralon, Klem, Elbo, Pipa T, Kabel NGA, Fitting, Roset, Saklar, Bohlam dan Steker

   

6.Penilaian :

a.       Teknik                            : Tes tulisan dan praktek

b.      Bentuk Instrumen          : Praktek

c.       Contoh Instrumen :

Menguji keberhasilan praktek siswa pada papan praktek

 

 

 

 

 

                                                                                   Duri, Agustus 2007

   Mengetahui Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: