jump to navigation

RPP – TTG Elektronika SMP Kelas IX Semester 2 September 13, 2008

Posted by cafestudi061 in RPP.
trackback

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah : SMPS 10 CENDANA MANDAU

Kelas/semester : IX ( sembilan )/ II (dua)

Mata Pelajaran : Teknologi Tepat Guna (TTG)

Alokasi Waktu : 8 x 40 menit

Standar Kompetensi : Membuat Penerima dan Pemancar Radio

Kompetensi Dasar : Penerima dan Pemancar Radio FM

Indikator :

1. Mendiskripsikan yang berhubungan dengan penerima dan pemancar radio FM

2. Menguraikan bagian-bagian dari penerima dan pemancar radio FM

3. Mendiskripsikan rangkaian penerima radio dan pemancar radio FM

1.Tujuan Pembelajaran :

Pada akhir pelajaran siswa dapat :

a. Menjelaskan isi dari teori dasar penerima dan pemancar radio FM

b. Menjelaskan bagian-bagian dari penerima dan pemancar radio FM

c. Menyebutkan komponen pada rangkaian penerima radio dan pemancar radio FM

2.Materi Ajar :

Penerima radio FM :

a. Definisi Komunikasi Radio

b. Macam-macam radio penerima

c. Diagram blok penerima radio FM

d. Rangkaian penerima radio FM

Pemancar Radio FM

a. Definisi pemancar radio FM

b. Macam-macam radio pemancar FM

c. Diagram blok pemancar radio FM

d. Rangkaian radio pemancar FM

3.Metode Pembelajaran :

Pendekatan model CTL dan Life skill

4.Langkah-langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan Pendahuluan

Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan

b. Kegiatan Inti

· Menjelaskan apa definisi penerima radio

· Mendiskusikan macam-macam penerima radio

· Melakukan tanya jawab tentang penerima radio

· Mengerjakan latihan dari soal penerima radio FM

· Menjelaskan apa definisi pemancar radio

· Mendikusikan macam-macam radio pemancar

· Melakukan tanya jawab tentang pemancar radio

· Mengerjakan latihan dari soal pemancar radio FM

c. Kegiatan Akhir

· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM

· Menyimpulkan materi pembelajaran

5.Alat / Sumber belajar :

Buku cetak, gambar beberapa macam skema penerima radio AM dan pemancar radio FM dan buku sumber lain yang mendukung.

6.Penilaian :

a. Teknik : Tes lisan / tertulis

b. Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan

c. Contoh Instrumen :

1) Sebutkan apa yang dimaksud dengan definisi penerima radio ?

2) Jelaskan apa itu pemancar radio

3) Tuliskan bagian-bagian dari penerima radio

4) Kerjakan soal dari buku paket Keterampilan elektronika hal. 50 s/d 61 ?

5) Sebutkan apa yang dimaksud dengan pemancar radio ?

6) Jelaskan fungsi dari bagian :

a. Penala

b. Modulator

c. Penguat IF

d. Penguat RF

Duri, Agustus 2007

Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah : SMPS 10 CENDANA MANDAU

Kelas/semester : IX ( sembilan )/ II ( dua )

Mata Pelajaran : Teknologi Tepat Guna (TTG)

Alokasi Waktu : 10 x 40 menit

Standar Kompetensi : Membuat Penerima dan Pemancar Radio

Kompetensi Dasar : Pembuatan penerima dan pemancar radio FM

Indikator :

1. Mendiskripsikan yang berhubungan dengan penerima dan pemancar radio FM

2. Menguraikan bagian-bagian dari penerima dan pemancar radio FM

3. Mendiskripsikan rangkaian penerima radio dan pemancar radio

1.Tujuan Pembelajaran :

Pada akhir pelajaran siswa dapat :

a. Menjelaskan bagian penguat AF dan komponen utamanya

b. Menjelaskan bagian penguat IF dan Detektor serta komponen utamanya

c. Menjelaskan bagian converter, seperti penala, oscilator dan mikser serta komponen

utamanya.

d. Menjelaskan cara menyolder komponen pada PCB radio penerima FM

e. Menjelaskan bagian penguat RF dan komponen utamanya

f. Menjelaskan bagian penguat Modulator dan oscilator serta komponen utamanya

g. Menjelaskan bagian penguat AF serta komponen utamanya

h. Menjelaskan cara menyolder komponen pada PCB radio penerima FM

2.Materi Ajar :

Pembuatan Penerima Radio FM :

a. Pengertian bagian penguat AF

b. Bagian penguat IF dan Detektor

c. Bagian converter, seperti penala, oscilator, dan mikser

d. Memperagakan cara meyolder yang baik dan benar pada PCB radio penerima FM

Pembuatan Pemancar Radio FM :

e. Pengertian bagian penguat RF dan komponen utamanya

f. Bagian penguat Modulator dan oscilator serta komponen utamanya

g. Bagian penguat AF serta komponen utamanya

3.Metode Pembelajaran :

Pendekatan model CTL dan Life skill

4.Langkah-langkah Pembelajaran :

a. Kegiatan Pendahuluan

Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai pembuatan penerima radio dan pemancar radio FM

b. Kegiatan Inti

Pertemuan pertama

· Menjelaskan pengertian penguat AF

· Mendiskusikan tentang bagian penguat IF dan detektor

Pertemuan kedua

· Menjelaskan bagian converter, seperti penala oscilator dan mikser

· Mendemontrasikan cara menyolder yang baik dan benar

c. Kegiatan Akhir ( untuk delapan pertemuan tatap muka )

· Memasangkan komponen keseluruh rangkaian PCB

· Mememeriksa keseluruhan komponen yang sudah terpasang dengan benar

· Menyolder dan pemasangan kabel-kabel pada radio

· Menguji apakah berhasil pembuatan penerima radio FM dan pemancar radio FM tersebut

5.Alat / Sumber belajar :

Buku cetak dan buku sumber lain yang mendukung

6.Penilaian :

a. Teknik : Tes lisan / tertulis

b. Bentuk Instrumen : Daftar pertanyaan

c. Contoh Instrumen :

1). Sebutkan pengertian bagian penguat AF

2). Sebutkan komponen utama dari bagian :

a. Penguat AF

b. Penguat IF

c. Detektor

d. Mikser

e. Oscilator

f. Penala

g. Modulator

h. Penguat RF

i. Antena

3). Menjelaskan bagian-bagian penerima radio pada PCB radio FM

4). Menjelaskan bagaimana cara kerja penerima radio

5). Menjelaskan bagaimana kerja pemancar radio

6). Menjelaskan bagian-bagian pemancar radio FM

7). Menggambarkan digram bolk pemancar radio FM

Duri, Agustus 2007

Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: