RPP Teknologi Tepat Guna – Elektronika SMP September 13, 2008
Posted by cafestudi061 in RPP.trackback
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMPS 10 CENDANA MANDAU
Kelas/semester : VII ( tujuh )/ II (dua)
Mata Pelajaran : Teknologi Tepat Guna (TTG)
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit
Standar Kompetensi : Rangkaian Sederhana
Kompetensi Dasar : Rangkaian Flip Flop
Indikator :
1. Mendeskripsikan skema rangkaian Flip Flop
2. Menguraikan komponen yang dipakai
3. Membuat rancangan skema rangkaian pada kertas fotocopy protoboard
4. Membuat rangkaian Flip Flop pada papan protoboard
1.Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
a. Menjelaskan skema rangkaian Flip Flop
b. Menguraikan komponen yang dipakai
c. Memindahkan skema rangkaian ke fotocopy protoboard
d. Membuat rangkaian Flip Flop pada papan protoboard
2.Materi Ajar :
Rangkaian Flip Flop :
a. Skema rangkaian Flip Flop
b. Komponen yang dibutuhkan
c. Memindahkan skema rangkaian ke fotocopy protoboard
d. Mempraktekkan rangkaian Flip Flop pada papan ptoroboard
3.Metode Pembelajaran :
Pendekatan model CTL dan Life skill
4.Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
b. Kegiatan Inti
Pertemuan pertama
· Menjelaskan skema rangkaian Flip Flop
· Menjelaskan komponen yang dibutuhkan
Pertemuan kedua
· Menjelaskan cara memindahkan skema rangkaian ke fotocopy protoboard
Pertemuan ketiga
· Mempraktekkan memasang komponen Flip Flop pada papan protoboard
c. Kegiatan Akhir
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Mengevaluasi keberhasilan praktek siswa
5.Alat / Sumber belajar :
Skema rangkaian Flip Flop, papan protoboard, komponen yang dibutuhkan, kabel, batere 9 V
6.Penilaian :
a. Teknik : Tes tulisan dan praktek
b. Bentuk Instrumen : Praktek
c. Contoh Instrumen :
Menguji keberhasilan praktek siswa pada papan protoboardnya.
Duri, Agustus 2007
Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMPS 10 CENDANA MANDAU
Kelas/semester : VII ( tujuh )/ II (dua)
Mata Pelajaran : Teknologi Tepat Guna (TTG)
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit
Standar Kompetensi : Rangkaian Sederhana
Kompetensi Dasar : Rangkaian Sirine Kebakaran
Indikator :
1. Mendeskripsikan skema rangkaian Sirine Kebakaran
2. Menguraikan komponen yang dipakai
3. Membuat rancangan skema rangkaian pada kertas fotocopy protoboard
4. Membuat rangkaian Sirine Kebakaran pada papan protoboard
1.Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
a. Menjelaskan skema rangkaian Sirine Kebakaran
b. Menguraikan komponen yang dipakai
c. Memindahkan skema rangkaian ke fotocopy protoboard
d. Membuat rangkaian Sirine Kebakaran pada papan protoboard
2.Materi Ajar :
Rangkaian Sirine Kebakaran :
a. Skema rangkaian Sirine Kebakaran
b. Komponen yang dibutuhkan
c. Memindahkan skema rangkaian ke fotocopy protoboard
d. Mempraktekkan rangkaian Sirine Kebakaran pada papan ptoroboard
3.Metode Pembelajaran :
Pendekatan model CTL dan Life skill
4.Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
b. Kegiatan Inti
Pertemuan pertama
· Menjelaskan skema rangkaian Sirine Kebakaran
· Menjelaskan komponen yang dibutuhkan
Pertemuan kedua
· Menjelaskan cara memindahkan skema rangkaian ke fotocopy protoboard
Pertemuan ketiga
· Mempraktekkan memasang komponen Sirine Kebakaran pada papan protoboard
c. Kegiatan Akhir
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Mengevaluasi keberhasilan praktek siswa
5.Alat / Sumber belajar :
Skema rangkaian Sirine Kebakaran, papan protoboard, komponen yang dibutuhkan, kabel, batere 9 V
6.Penilaian :
a. Teknik : Tes tulisan dan praktek
b. Bentuk Instrumen : Praktek
c. Contoh Instrumen :
Menguji keberhasilan praktek siswa pada papan protoboardnya.
Duri, Agustus 2007
Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMPS 10 CENDANA MANDAU
Kelas/semester : VII ( tujuh )/ II (dua)
Mata Pelajaran : Teknologi Tepat Guna (TTG)
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit
Standar Kompetensi : Rangkaian Sederhana
Kompetensi Dasar : Rangkaian Bel Dua Nada
Indikator :
1. Mendeskripsikan skema rangkaian Bel Dua Nada
2. Menguraikan komponen yang dipakai
3. Membuat rancangan skema rangkaian pada kertas fotocopy protoboard
4. Membuat rangkaian Bel Dua Nada pada papan protoboard
1.Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
a. Menjelaskan skema rangkaian Bel Dua Nada
b. Menguraikan komponen yang dipakai
c. Memindahkan skema rangkaian ke fotocopy protoboard
d. Membuat rangkaian Bel Dua Nada pada papan protoboard
2.Materi Ajar :
Rangkaian Bel Dua Nada :
a. Skema rangkaian Bel Dua Nada
b. Komponen yang dibutuhkan
c. Memindahkan skema rangkaian ke fotocopy protoboard
d. Mempraktekkan rangkaian Bel Dua Nada pada papan ptoroboard
3.Metode Pembelajaran :
Pendekatan model CTL dan Life skill
4.Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
b. Kegiatan Inti
Pertemuan pertama
· Menjelaskan skema rangkaian Bel Dua Nada
· Menjelaskan komponen yang dibutuhkan
Pertemuan kedua
· Menjelaskan cara memindahkan skema rangkaian ke fotocopy protoboard
Pertemuan ketiga
· Mempraktekkan memasang komponen Bel Dua Nada pada papan protoboard
- Kegiatan Akhir
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Mengevaluasi keberhasilan praktek siswa
5.Alat / Sumber belajar :
Skema rangkaian Bel Dua Nada, papan protoboard, komponen yang dibutuhkan, kabel, batere 9 V
6.Penilaian :
a. Teknik : Tes tulisan dan praktek
b. Bentuk Instrumen : Praktek
c. Contoh Instrumen :
Menguji keberhasilan praktek siswa pada papan protoboardnya.
Duri, Agustus 2007
Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SMPS 10 CENDANA MANDAU
Kelas/semester : VII ( tujuh )/ II (dua)
Mata Pelajaran : Teknologi Tepat Guna (TTG)
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit
Standar Kompetensi : Rangkaian Sederhana
Kompetensi Dasar : Rangkaian Sirine Polisi Inggris
Indikator :
1. Mendeskripsikan skema rangkaian Sirine Polisi Inggris
2. Menguraikan komponen yang dipakai
3. Membuat rancangan skema rangkaian pada kertas fotocopy protoboard
4. Membuat rangkaian Sirine Polisi Inggris pada papan protoboard
1.Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
a. Menjelaskan skema rangkaian Sirine Polisi Inggris
b. Menguraikan komponen yang dipakai
c. Memindahkan skema rangkaian ke fotocopy protoboard
d. Membuat rangkaian Sirine Polisi Inggris pada papan protoboard
2.Materi Ajar :
Rangkaian Sirine Polisi Inggris :
a. Skema rangkaian Sirine Polisi Inggris
b. Komponen yang dibutuhkan
c. Memindahkan skema rangkaian ke fotocopy protoboard
d. Mempraktekkan rangkaian Sirine Polisi Inggris pada papan ptoroboard
3.Metode Pembelajaran :
Pendekatan model CTL dan Life skill
4.Langkah-langkah Pembelajaran :
a. Kegiatan Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan
b. Kegiatan Inti
Pertemuan pertama
· Menjelaskan skema rangkaian Sirine Polisi Inggris
· Menjelaskan komponen yang dibutuhkan
Pertemuan kedua
· Menjelaskan cara memindahkan skema rangkaian ke fotocopy protoboard
Pertemuan ketiga
· Mempraktekkan memasang komponen Sirine Polisi Inggris pada papan protoboard
c. Kegiatan Akhir
· Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
· Mengevaluasi keberhasilan praktek siswa
5.Alat / Sumber belajar :
Skema rangkaian Sirine Polisi Inggris, papan protoboard, komponen yang dibutuhkan, kabel, batere 9 V
6.Penilaian :
a. Teknik : Tes tulisan dan praktek
b. Bentuk Instrumen : Praktek
c. Contoh Instrumen :
Menguji keberhasilan praktek siswa pada papan protoboardnya.
Duri, Agustus 2007
Mengetahui Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Komentar»
No comments yet — be the first.