jump to navigation

RPP – TTG Elektronika SMP Kelas IX Semester 1 September 13, 2008

Posted by cafestudi061 in RPP.
trackback

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Sekolah                                   : SMPS 10 CENDANA MANDAU

Kelas/semester                        : IX ( sembilan )/ I (satu)

Mata Pelajaran                        : Teknologi Tepat Guna (TTG)

Alokasi Waktu                        : 8 x 40 menit

Standar Kompetensi               : Membuat Penerima  dan Pemancar Radio

Kompetensi Dasar                   : Penerima dan Pemancar Radio AM

Indikator                                 :

1.   Mendiskripsikan yang berhubungan dengan penerima dan pemancar radio AM   Menguraikan  bagian-bagian dari penerima dan pemancar radio AM

2.   Mendiskripsikan rangkaian penerima radio dan pemancar radio

 

1.Tujuan Pembelajaran :

Pada akhir pelajaran siswa dapat :  

a.       Menjelaskan isi dari teori dasar penerima dan pemancar radio AM

b.      Menjelaskan bagian-bagian dari penerima dan pemancar radio AM

c.       Menyebutkan komponen pada rangkaian penerima radio dan pemancar radio AM

 

2.Materi Ajar :

Penerima radio AM :

a.       Definisi Komunikasi Radio

b.      Macam-macam radio penerima

c.       Diagram blok penerima radio AM

d.      Rangkaian penerima radio AM

 

Pemancar Radio FM

   a.   Definisi pemancar radio AM

   b.   Macam-macam radio pemancar AM

   c.   Diagram blok pemancar radio AM

   d.   Rangkaian radio pemancar AM

 

3.Metode Pembelajaran :    

 Pendekatan model CTL dan Life skill

 

4.Langkah-langkah  Pembelajaran :

a.       Kegiatan Pendahuluan

Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan

 

b.      Kegiatan Inti

·    Menjelaskan apa definisi penerima radio

·    Mendiskusikan macam-macam penerima radio

·    Melakukan tanya jawab tentang penerima radio

·    Mengerjakan latihan dari soal penerima radio AM

·      Menjelaskan apa definisi pemancar radio

·      Mendikusikan macam-macam radio pemancar

·      Melakukan tanya jawab tentang pemancar radio

·      Mengerjakan latihan dari soal pemancar radio AM

 

c.       Kegiatan Akhir

·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM

·         Menyimpulkan materi pembelajaran

 

 

5.Alat / Sumber belajar  :

Buku cetak, gambar beberapa macam skema penerima radio AM dan pemancar radio FM dan buku sumber lain yang mendukung.

   

6.Penilaian :

a.       Teknik                            : Tes lisan / tertulis

b.      Bentuk Instrumen          : Daftar pertanyaan

c.       Contoh Instrumen :

1)      Sebutkan apa yang dimaksud dengan definisi penerima radio ?

2)      Jelaskan apa itu pemancar radio

3)      Tuliskan bagian-bagian dari penerima radio

4)      Kerjakan soal dari buku paket Keterampilan elektronika hal. 50 s/d 61 ?

5)      Sebutkan apa yang dimaksud dengan pemancar radio ?

6)      Jelaskan fungsi dari bagian :

a.       Penala

b.      Modulator

c.       Penguat IF

d.      Penguat RF

 

 

 

 

 

 

 

                                                                                   Duri, Agustus 2007

   Mengetahui Kepala Sekolah                                               Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

 

Sekolah                                   : SMPS 10 CENDANA MANDAU

Kelas/semester                        : IX ( sembilan )/ I (satu)

Mata Pelajaran                        : Teknologi Tepat Guna (TTG)

Alokasi Waktu                        : 12 x 40 menit

Standar Kompetensi               : Membuat Penerima  dan Pemancar Radio

Kompetensi Dasar                   : Membuat penerima radio AM

Indikator                                 :

1.      Mendiskrisikan bagian penguat AF dan komponen utamanya

2.      Mendiskripsikan bagian Penguat IF dan detektor  serta komponen utamanya

3.      Mendiskripsikan bagian converter seperti penala, oscilator dan mikser serta komponen utamanya

4.      Memasang dan menyolder semua komponen setelah dipasang pada PCB

 

1.Tujuan Pembelajaran :

Pada akhir pelajaran siswa dapat :  

a.   Menjelaskan bagian penguat AF dan komponen utamanya

b.   Menjelaskan bagian penguat IF dan Detektor serta komponen utamanya

c.   Menjelaskan bagian converter, seperti  penala, oscilator dan mikser serta komponen

      utamanya.      

d.   Menjelaskan cara menyolder komponen pada PCB radio penerima AM

 

2.Materi Ajar :

Pembuatan Penerima Radio :

a.       Pengertian bagian penguat AF

b.      Bagian penguat IF dan Detektor

c.       Bagian converter, seperti penala, oscilator, dan mikser

d.      Memperagakan cara meyolder yang baik dan benar pada PCB radio penerima AM

 

3.Metode Pembelajaran :    

 Pendekatan model CTL dan Life skill

 

4.Langkah-langkah  Pembelajaran :

a.       Kegiatan Pendahuluan

Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai pembuatan penerima radio AM ( Radio Superheterodyne )

 

b.      Kegiatan Inti

Pertemuan pertama

·    Menjelaskan pengertian penguat AF

·    Mendiskusikan tentang bagian penguat IF dan detektor

 

 

Pertemuan kedua

·    Menjelaskan bagian converter, seperti penala oscilator dan mikser

·    Mendemontrasikan cara menyolder yang baik dan benar

c.       Kegiatan Akhir ( untuk 10 pertemuan tatap muka )

·         Memasangkan komponen keseluruh rangkaian PCB

·         Mememeriksa keseluruhan komponen yang sudah terpasang dengan benar

·         Menyolder dan pemasangan kabel-kabel pada radio

·         Menguji apakah berhasil pembuatan penerima radio AM tersebut

 

5.Alat / Sumber belajar  :

Buku cetak dan buku sumber lain yang mendukung

   

6.Penilaian :

a.       Teknik                            : Tes lisan / tertulis

b.      Bentuk Instrumen          : Daftar pertanyaan

c.       Contoh Instrumen :

1). Sebutkan pengertian bagian penguat AF

2). Sebutkan komponen utama dari bagian ”

     a. Penguat AF

     b. Penguat IF

     c. Detektor

     d. Mikser

     e. Oscilator

     f.  Penala

3). Menjelaskan bagian-bagian penerima radio pada PCB radio AM

4). Menjelaskan bagaimana cara kerja penerima radio

 

 

 

 

 

                                                                                     Duri, Agustus 2007

   Mengetahui Kepala Sekolah                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

                       

 

 

 

 

  

About these ads

Komentar»

No comments yet — be the first.

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: